Ingatkan Kebersihan Saat Menstruasi, Tim KKN Tematik Undip Sasar Sekolah-Sekolah di Banyumanik - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 21 Desember 2023

Ingatkan Kebersihan Saat Menstruasi, Tim KKN Tematik Undip Sasar Sekolah-Sekolah di Banyumanik

 
Sumber foto: Dokumentasi Pribadi


Loetju.idSemarang, Jawa Tengah (November, 2023) – Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat jasmani, rohani, dan sosial yang berkaitan dengan keseluruhan sistem, fungsi, dan proses reproduksi, bukan sekedar keadaan bebas penyakit dan kecacatan. Sebagai perempuan yang mengalami siklus menstruasi setiap bulan, menjaga kesehatan reproduksi dan menjaga kebersihan menstruasi sangatlah penting sejak memasuki masa pubertas.

Pentingnya memberikan program pendidikan kesehatan reproduksi kepada kelompok remaja putri bertujuan supaya memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang masa pubertas terkait kebersihan menstruasi yang dapat mempengaruhi organ reproduksi. Menstrual hygiene atau kebersihan diri saat menstruasi adalah upaya untuk memelihara kesehatan dan menjaga kebersihan pada daerah kewanitaan saat menstruasi. 

Sering kali menstrual hygiene masih dianggap sebagai topik tabu, sehingga sebagian remaja tidak mendapatkan informasi yang menyeluruh tentang hal ini. Padahal, pengetahuan mengenai menstrual hygiene ini seharusnya dipahami sebelum remaja putri mengalami menstruasi pertama.

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Undip melaksanakan kegiatan Kampanye Menstrual Hygiene Management kepada kelompok remaja putri tentang pentingnya mengenal kesehatan reproduksi dan kebersihan menstruasi sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan di empat Sekolah Dasar dan 1 Sekolah Menengah Pertama, yaitu di SDN 01 Banyumanik, SDN 02 Banyumanik, SDN 03 Banyumanik, SDN 04 Banyumanik dan SMP N 11 Semarang. 

Pengetahuan seputar menstruasi tidak hanya penting bagi siswa perempuan tetapi juga bagi siswa laki-laki. Dengan pemahaman terkait Menstrual Hygiene Management yang diberikan, diharapkan siswa perempuan dapat mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti pembalut, cara membersihkan area kewanitaan, dan prosedur yang benar dalam membuang pembalut. Sementara itu, siswa laki-laki diajak untuk lebih menghargai teman perempuan dan memahami bagaimana bersikap yang menunjukkan dukungan terhadap teman perempuan yang sedang mengalami menstruasi.

Kegiatan Kampanye Menstrual Hygiene Management oleh tim KKN Tematik Undip dilaksanakan pada hari Senin, 6 November 2023 di SDN 01 Banyumanik. Hari Selasa, 7 November 2023 di SDN 02 Banyumanik. Hari Rabu, 8 November 2023 di SDN 03 Banyumanik, dan hari Kamis, 9 November di SDN 04 Banyumanik. Sedangkan di SMP N 11 Semarang dilaksanakan pada hari Jum’at, 24 November 2023. Dengan sasaran siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar, serta kelas 8 untuk Sekolah Menengah Pertama.

Sumber foto: Dokumentasi Pribadi
 
Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi secara langsung dengan bantuan media powerpoint dan poster berisi materi yang meliputi pengertian kesehatan reproduksi, cara menjaga kesehatan reproduksi, pengertian pengetahuan tentang menstruasi, mitos tentang menstruasi dan cara menjaga kebersihan alat reproduksi saat menstruasi. Selama kegiatan berlangsung juga diselingi dengan ice breaking berupa games supaya siswa-siswi tetap semangat, tidak bosan dan tetap fokus mengikuti rangkaian kegiatan.

Tidak hanya pemberian materi saja, tetapi siswaa-siswi juga mengisi soal pre-test dan post-test sebagai bahan evaluasi atau penilaian apakah terjadi peningkatan pengetaahuan atau tidak. Kegiatan ini juga menayangkan video aplikasi OKY dari Unicef sebagai aplikasi track record siklus menstruasi dan sarana mendapatkan informasi seputar menstruasi. Tidak lupa, melakukan praktik membuat pembalut kain yang ramah lingkungan karena dapat dicuci dan dipakai kembali, sehingga tidak menimbun banyak sampah.

Sumber foto: Dokumentasi Pribadi
 
Di akhir kegiatan, Tim KKN Tematik Undip mengajak siswa-siswi untuk sharing pengalaman pertama mendapatkan menstruasi dan keluhan-keluhan apa yang dirasakan, seperti puisng, kran perut, dan lainnya. Pemberian poster berisi materi singkat seputar menstruasi kepada siswa-siswi dan menganjurkan untuk dipasang di tembok kelas atau papan pemberitahuan agar semua warga sekolah dapat membaca ulang atau sebagai pengingat materi bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi.

Kegiatan Kampanye Menstrual Hygiene Management yang telah dilaksanakan mendapatkan respon positif dan dukungan penuh dari pihak sekolah untuk membantu siswa-siswi mengenal lebih dalam terkait cara menjaga kebersihan saat menstruasi. Dengan melibatkan mahasiswa dari beberapa jurusan, harapan dari kegiatan ini dapat memberikan pendekatan yang menyeluruh terhadap pengetahuan tentang Mentrual Hygiene Management (MHM) kepada siswa-siswi, serta partisipasi dari guru sebagai pendamping siswa-siswi diharapkan dapat memberikan materi terkait kesebersihan saat menstruasi kepada siswa-siswi lainnya.



Penulis: 
Kelompok 1 KKN Tematik “Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman” Undip

Editor:
Achmad Munandar

DPL: 
Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes dan Adnan Fauzi S.T., M.Kom

Lokasi: 
SDN 01 Banyumanik, SDN 02 Banyumanik, SDN 03 Banyumanik, SDN 03 Banyumanik, dan SMPN 11 Semarang

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..