Mahasiswa KKN Tematik Undip Melakukan Edukasi Kesehatan Mata dan Perilaku Penggunaan Toilet yang Baik kepada Siswa SD Pedalangan 02 Kecamatan Banyumanik - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 19 Desember 2023

Mahasiswa KKN Tematik Undip Melakukan Edukasi Kesehatan Mata dan Perilaku Penggunaan Toilet yang Baik kepada Siswa SD Pedalangan 02 Kecamatan Banyumanik

 


Loetju.idSemarang (06/12/2023) – Sebagai salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman. Program ini merupakan program kerja sama antara Universitas Diponegoro dengan UNICEF (United Nations Children's Fund). 

Pada kegiatan ini mahasiswa yang terbagi dalam 10 kelompok melaksanakan kegiatan multidisiplin yaitu sosialisasi dan edukasi terkait menstruasi dengan sasaran anak-anak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama dan sanitasi aman dengan sasaran masyarakat di beberapa kelurahan, serta kegiatan monodisiplin berupa beberapa program yang diusulkan oleh masing-masing mahasiswa. 

Hal ini pula yang kemudian membuat tiga orang mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 10 KKN-T Menstrual Hygiene dan dan Sanitasi Aman melakukan kegiatan monodisiplin berupa edukasi kesehatan kepada siswa kelas 5  SD Pedalangan 02 pada Rabu, 6 Desember 2023, edukasi tersebut memuat materi yang dibawakan oleh setiap mahasiswa yaitu Edukasi Kesehatan Mata yang dibawakan oleh Adjie Prassetyo dan Edukasi Penggunaan Toilet yang Baik oleh Risqa Rima.

Alasan mengapa materi ini dipilih karena menurut penuturan anggota kelompok ialah dikarenakan saat ini anak-anak sering kali suka lupa waktu saat diberikan kebebasan bermain HP atau game melalui perangkat seperti Komputer atau playstation yang kemudian bisa berakibat buruk pada kesehatan mata, lalu materi penggunaan toilet yang baik dan benar sendiri didasari karena berdasarkan hasil observasi, kondisi toilet/kamar mandi sekolah kurang baik seperti berbau dan kotor.

Kegiatan edukasi ini dimulai dengan penjelasan kepada para siswa SD melalui Powerpoint yang berisi materi dan cerita pendek bergambar yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan sedikit dari poster yang dibawa oleh masing-masing mahasiswa. 

Suasana saat pemaparan berlangsung dengan hikmat dimana para murid menyimak dengan serius dan sesekali juga terlibat aktif saat diminta untuk menjelaskan materi yang terpampang di layar.

Diharapkan dengan adanya kegiatan edukasi ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada para siswa dan nantinya dapat membuat mereka lebih peka akan menjaga kesehatan mata agar terhindar dari rabun jauh serta dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan toilet di rumah maupun di sekolah agar terhindar dari ancaman penularan penyakit seperti diare, ISPA, penyakit kulit, hingga infeksi lain akibat bakteri.


Penulis: 
Adjie Prassetyo dan Risqa Rima

Editor: 
Achmad Munandar

DPL: 
Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes dan Adnan Fauzi, S.T., M.Kom

Lokasi: 
SD Pedalangan 02, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..