Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Mengajak Warga RW 05 Kelurahan Srondol Wetan untuk Selalu Menjaga Kebersihan - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 21 Desember 2023

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Mengajak Warga RW 05 Kelurahan Srondol Wetan untuk Selalu Menjaga Kebersihan

 



Loetju.idBanyumanik (21/12/2023) - Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro, Semarang mengadakan kegiatan edukasi pada beberapa warga RW 05 Kelurahan Srondol Wetan. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu program monodisiplin dari mahasiswa Fakultas Psikologi yang berada di Tim 7 KKN Tematik Universitas Diponegoro, yaitu Esterlyn Putri.

Kegiatan ini memiliki judul “Lestari Asri: Menuju Kebersihan RW 05 yang Berkelanjutan”. Meskipun kegiatan ini dikatakan sebagai edukasi mengenai pentingnya kebersihan, metode penyampaian yang digunakan lebih ke ajakan kepada warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan RW 05 Srondol Wetan yang sudah ada. Penerapan Psikologi Positif yang menekankan bahwa manusia memiliki potensi dan kemampuan baik untuk mencapai tahap pemenuhan hidup yang baik merupakan dasar dari pelaksanaan kegiatan ini, di mana dalam menjaga kebersihan lingkungan tidak perlu adanya kata-kata larangan seperti “Dilarang membuang sampah sembarangan”, tetapi kata-kata ajakan yang positif seperti “Mari buang sampah pada tempatnya”.
  

Lingkungan RW 05 Kelurahan Srondol Wetan merupakan salah satu lingkungan yang tergolong bersih dibanding RW-RW lainnya. Kebersihan lingkungan itu harus tetap dipertahankan, karena lingkungan yang bersih memiliki banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan tersebut di antaranya adalah meningkatkan kualitas kesehatan, mengurangi risiko penularan penyakit, membuat lingkungan menjadi nyaman untuk dihuni, dan mencegah banjir.

Dalam mempertahankan kebersihan lingkungan, dapat dilakukan berbagai upaya seperti selalu membuang sampah pada tempatnya, mengikuti kerja bakti, membersihkan saluran air atau selokan, dan sebagainya. Poin-poin tersebut tercantum dalam poster yang dapat warga RW 05 Kelurahan Srondol Wetan baca kembali, dengan harapan bahwa kebersihan lingkungan yang ada dapat dijaga tanpa harus adanya larangan-larangan, melainkan ajakan.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..