Mahasiswi KKN Tematik Undip Mengadakan Edukasi Peduli Kebersihan Toilet di SDN Banyumanik 02 dan di Kelurahan Banyumanik RW 7 Kota Semarang - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 21 Desember 2023

Mahasiswi KKN Tematik Undip Mengadakan Edukasi Peduli Kebersihan Toilet di SDN Banyumanik 02 dan di Kelurahan Banyumanik RW 7 Kota Semarang

Foto: Edukasi Peduli Kebersihan Toilet di SDN Banyumanik 2


Loetju.id - Pada hari Selasa, 07 November 2023, mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja mengenai edukasi peduli kebersihan toilet di SDN Banyumanik 02 dan pada tanggaal 1 Desember 2023 juga melakukan edukasi yang sama kepada ibu-ibu kader rw. 7 Kelurahan Banyumanik Kota Semarang.

Toilet merupakan salah satu sarana sanitasi yang paling vital. Dengan demikian pengguna toilet di sekolah ataupun tempat umum akan sangat beragam dan senantiasa berganti. Sebagai akibatnya, toilet merupakan tempat yang potensial sebagai sarana penyebaran penyakit bila sanitasi dan higienenya tidak dipelihara dengan baik.

Untuk membiasakan hidup sehat di lingkungan sekolah dan juga tempat umum mencakup beberapa hal, yaitu penyediaan air bersih, harus ada tempat pembuangan sampah dan pengelolaannya serta tersedianya pembuangan kotoran manusia atau WC di lingkungan sekolah dan tempat umum yang memadai, ini semua merupakan fasilitas sanitasi lingkungan. Sanitasi yang terdiri dari penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, dan tersedianya pembuangan kotoran manusia (WC) yang memadai. Menjaga kebersihan toilet secara rutin dapat mencegah bakteri penyebab penyakit berkembang biak. Selain itu, cara ini juga menjaga kesehatan tubuh dan menghilangkan bau tak sedap.

Foto: Edukasi Peduli Kebersihan Toilet di Rw. 7 Kelurahan Banyumanik

Kegiatan edukasi ini dilaksanakan selama 1 jam yang diawali dengan pembukaan, pemberian materi, tanya jawab dan sedikit games. Selama kegiatan, para siswa siswi maupun kader berpartisipasi aktif dan bersemangat mengikuti kegiatan hingga selesai. Mahasiswi juga memberikan poster tentang kebersihan toilet dan juga tempat sampah sebagai kenang-kenangan kepada guru dan kader untuk dipajang dan diletakkan di tempat strategis. Dengan adanya edukasi ini diharapkan dapat menambah informasi dan kesadaran bagi siswa siswi dan juga para kader untuk menjaga kebersihan toilet di sekitar mereka. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..