Selamatkan Bumi Kita, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Melakukan Edukasi Pengurangan Sampah Plastik pada Siswa Sekolah Dasar - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 20 Desember 2023

Selamatkan Bumi Kita, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Melakukan Edukasi Pengurangan Sampah Plastik pada Siswa Sekolah Dasar

 


Loetju.id - Banyumanik, Kota Semarang (22/11/2023). Sampah plastik menjadi permasalahan mendunia di berbagai negara karena memiliki sifat sulit untuk terurai, namun tiap tahun keberadaan sampah plastik kian meningkat. Sampah plastik sebanyak 1,3 miliar ton diperkirakan akan mencemari daratan dan lautan dunia pada 2040 mendatang. Indonesia termasuk ke dalam 10 negara penghasil sampah plastik terbanyak di dunia. Indonesia menghasilkan sampah plastik 64  ton per tahun dan berada pada peringkat ke-2. Perlu dilakukannya tindakan dalam pengurangan sampah plastik untuk melindungi bumi dan anak cucu kita kelak dari limbah sampah plastik yang sulit terurai.

Selaras dengan tema pada kegiatan KKN Tematik Universitas Diponegoro Tahun 2023 yaitu Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman, Danindra Rufina Pramudita, yang merupakan anggota Kelompok 7 KKN Tematik Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman, melakukan edukasi pengurangan sampah plastik pada siswa. Perilaku pengurangan sampah perlu dijelaskan dan dipraktikkan ke dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia yang kian tahun semakin meningkat.

Edukasi Pengurangan Sampah Plastik dilaksanakan pada hari Rabu, 22 November 2023, bertempat di SD Negeri Srondol Wetan 06. Kegiatan ini dilaksanakan pada kelas 5A dan 5B sebanyak 58 siswa. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman mengenai permasalah sampah yang menjadi tantangan global maupun negara indonesia sehingga perlu adanya pengurangan sampah plastik dalam kegiatan sehari-hari. Di area sekolah dasar banyak terjadi kegiatan yang menghasilkan sampah plastik seperti penggunaan air kemasan/gelas, penggunaan plastik, penggunaan sedotan, dan masih banyak lagi.

Kegiatan edukasi dimulai dengan penyampaian materi mengenai pengertian sampah plastik dan sifat plastik. Dilanjutkan dengan pemberian informasi mengenai Indonesia yang berada pada 10 negara penghasil sampah plastik terbanyak di dunia. Kemudian diberikan penjelasan tentang jenis-jenis sampah plastik. Dijelaskan pula cara mengurangi sampah plastik dengan mengganti wadah plastik sekali pakai dengan tumblr, membawa tote bag saat berbelanja di pasar/supermarket, membawa sedotan yang ramah lingkungan/reusable (besi/kertas/bambu) dan mendaur ulang sampah plastik yang digunakan.

Selama keberjalanan program, para siswa sangat antusias dan mengikuti kegiatan dengan tertib. Para siswa juga sangat aktif dalam berdiskusi maupun bertanya terkait materi pengurangan sampah plastik yang menjadi indikator para siswa memahami dan mengimplementasikan materi yang diberikan. Bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan seputar materi pengurangan sampah plastik diberikan reward berupa botol tumbler sebagai bentuk apresiasi dan praktik langsung dalam pengurangan sampah plastik. 

Dengan adanya edukasi mengenai pengurangan sampah plastik oleh mahasiswa diharapkan, seluruh siswa dapat menerapkan pengurangan sampah plastik sehingga tantangan baik global maupun indonesia dapat terselesaikan dan sanitasi yang baik dengan melestarikan lingkungan dengan mengurangi beban sampah plastik yang dihasilkan. Selain itu juga menambah pengalaman bagi mahasiswa.



Penulis: 
Danindra Rufina Pramudita


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..