Tingkatkan Penerapan Budaya Sehat di Sekolah, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Melakukan Edukasi Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Siswa Sekolah Dasar - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 20 Desember 2023

Tingkatkan Penerapan Budaya Sehat di Sekolah, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Melakukan Edukasi Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Siswa Sekolah Dasar

 


Loetju.idSemarang (14/12/2023). Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu aspek penting yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan perilaku menggosok kedua permukaan tangan dengan kuat secara bersamaan menggunakan sabun dan dibilas dengan air mengalir. Perilaku mencuci tangan dengan sabun bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit. Cuci tangan dengan sabun terbukti menyelamatkan anak Indonesia dari kematian setiap tahunnya.

Selaras dengan latar belakang tersebut, Najma Risdaningrum, anggota Kelompok 7 KKN Tematik Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman Universitas Diponegoro, melakukan edukasi pentingnya menerapakan kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Perilaku mencuci tangan dengan sabun perlu ditingkatkan untuk mendukung kebersihan menstruasi, misalnya mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut untuk mencegah terjadinya infeksi kuman penyakit pada alat kelamin serta kontaminasi bakteri darah menstruasi pada tangan. Selain itu, budaya mencuci tangan dengan sabun sangat penting untuk diimplementasikan dalam keseharian sebagai indikator personal hygiene yang baik.

Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Desember 2023, bertempat di SD Negeri Srondol Wetan 05. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan siswa-siswi kelas 6 sebanyak 28 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya penerapan CTPS dalam kehidupan sehari-hari dengan sasaran anak usia sekolah dasar. Sekolah menjadi tempat yang berisiko untuk terjadinya penularan penyakit karena padatnya aktivitas dan interaksi antarmanusia didalamnya. Selain itu, anak-anak termasuk ke dalam kelompok yang rentan untuk mengalami infeksi kuman penyakit. Terlebih lagi, mereka menghabiskan sebagian waktunya di sekolah, di mana mereka berinteraksi dengan banyak orang dan melakukan berbagai aktivitas.

Kegiatan edukasi dimulai dengan penyampaian materi mengenai pengertian Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pentingnya penerapan CTPS dan manfaat CTPS untuk membunuh mikroorganisme dan kuman penyakit serta mencegah terjadinya penularan atau infeksi penyakit. Ditekankan pula anjuran waktu kapan saja perlu melakukan CTPS, misalnya setelah memegang benda, buang air, mengganti pembalut, sebelum dan setelah makan, dan setelah pulang dari bepergian. Tak lupa diingatkan kembali terkait langkah CTPS disertai praktik cuci tangan bersama dengan cara dilagukan agar lebih mudah diingat oleh siswa.

Selama sesi kegiatan berlangsung, para siswa antusias dan mengikuti kegiatan dengan tertib. Keaktifan peserta dalam bertanya dan berdiskusi menjadi indikator bahwa mereka berusaha memahami dan mengimplementasikan materi yang diberikan. Bagi siswa yang aktif, terdapat reward sebagai bentuk apresiasi, sekaligus sebagai pemantik semangat untuk siswa lainnya. Besar harapan, seluruh siswa dapat menerapkan budaya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sehingga dapat tercapai higiene menstrual dan personal yang baik untuk meningkatkan derajat kesehatan anak.



Penulis: 
Najma Risdaningrum

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..