Waspada Keracunan Makanan Akibat Jajanan Tidak Sehat Mahasiswa KKN Tematik Undip Memberikan Edukasi Terkait Keracunan Makanan dan Pilih Jajan Sehat Kepada Siswa SD - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 19 Desember 2023

Waspada Keracunan Makanan Akibat Jajanan Tidak Sehat Mahasiswa KKN Tematik Undip Memberikan Edukasi Terkait Keracunan Makanan dan Pilih Jajan Sehat Kepada Siswa SD

 


Loetju.id Semarang (13/12/2023) – Anak sekolah seringkali membeli jajanan sembarangan dengan cara memilih jenis makanan yang menarik namun kualitasnya rendah sehingga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan anak. Berdasarkan data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada tahun 2019, menyebutkan bahwa sekitar 40-45% jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat. BPOM juga mencatat bahwa sekitar 14,7% jajanan yang berada di sekitar lingkungan sekolah  mengandung bahan yang berbahaya seperti boraks, rhodamine B, formalin, dan methanyl yellow. Padahal, jajanan yang sehat dan aman adalah makanan yang bebas dari bahaya fisik, cemaran bahan kimia dan biologis. Oleh karena itu, hal ini menjadi masalah yang serius dan perlu adanya perhatian dari semua pihak.

Keracunan makanan adalah seseorang yang sedang menderita sakit dengan tanda dan gejala yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang diduga mengandung cemaran kimia atau biologis. Keracunan makanan biasanya terjadi karena anak mengkonsumsi makanan yang basi atau makanan yang proses persiapannya tidak higienis. Pemilihan jajanan yang tidak sehat dapat berdampak pada kesehatan anak sekolah, karena anak sekolah seringkali jajan sembarangan. Oleh karena itu, diperlukan adanya edukasi terkait keracunan makanan dan pilih jajan sehat kepada anak sekolah agar anak tahu tanda, gejala dan pencegahan keracunan makanan serta cara memilih jajan yang sehat.

Kebiasaan anak-anak sekolah yang suka mengkonsumsi jajanan sembarangan merupakan suatu kebiasaan yang berpotensi untuk dapat menimbulkan kejadian keracunan makanan. Dalam upaya pencegahan terjadinya keracunan makanan pada anak sekolah dapat dilakukan dengan edukasi pilih jajanan sehat dan aman. Jajanan sehat merupakan jajanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral sedangkan jajanan yang aman adalah jajanan atau panganan yang bebas dari bahan berbahaya (racun,bahan kimia, kuman) dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya. 

Selain memilih jajanan yang sehat dan aman, sewaktu pembelian jajanan, anak sekolah wajib untuk mencermati apakah kemasan jajanan dalam kondisi  yang bagus (tidak robek atau berlubang), mencermati tanggal kadaluwarsa, logo halal dan tabel komposisi jajanan (apakah terdapat bahan-bahan makanan yang berbahaya). Sebelum mengonsumsi jajanan yang aman anak sekolah wajib mencuci tangan terlebih dahulu, memastikan bahwa makanan dalam kondisi yang baik dan dijual oleh penjual yang bersih.
 

Rabu (13/12/2023), telah dilaksanakan Program Monodisiplin terkait keracunan makanan dan pilih jajan sehat kepada anak kelas 5 SD oleh 2 (dua) mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN-Tematik dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Pelaksanaan program dilakukan pemaparan materi melalui media power point dengan metode ceramah dan interaktif secara dua arah dengan melibatkan respon dari para siswa. Kemudian, kegiatan diakhiri dengan penyerahan poster kepada perwakilan siswa dan Kepala Sekolah.

Pelaksanaan program berjalan dengan lancar dan para siswa sangat antusias selama mengikuti rangkaian kegiatan. Dengan adanya edukasi terkait keracunan makanan dan jajan sehat, diharapkan para siswa menjadi lebih waspada dalam memilih makanan, sehingga dapat terhindar dari bahaya keracunan makanan.



Penulis: 
Yudhia Rizki Salsabilla, Grace Imanuella Manuahe

Editor:
Achmad Munandar

DPL:
- Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes.
- Adnan Fauzi, S.T., M.Kom

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..