Dukung Desa Wisata Jangglengan: Pemetaan Persebaran Lokasi Wisata Desa Jangglengan dalam bentuk Infografis oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 04 Februari 2024

Dukung Desa Wisata Jangglengan: Pemetaan Persebaran Lokasi Wisata Desa Jangglengan dalam bentuk Infografis oleh Mahasiswa TIM I KKN UNDIP

Penyerahan Program Monodisiplin berupa Infografi Desa Wisata

Loetju.idDesa Jangglengan merupakan desa yang terletak tepian sungai yang berbatasan langsung dengan Sungai Bengawan Solo.. Dikarenakan desa yang terletak di tepian sungai menjadikan wilayah ini strategis untuk dijadikan desa wisata. Maka dari itu Desa Jangglengan menjadi peraih peringkat 9 dalam ajang Desa Wisata Indonesia. Maka dari itu Mahasiswa KKN TIM I UNDIP ikut serta mendukung perkembangan desa wisata dengan membantu pembuatan Infografi Desa Wisata Jangglengan yang bertajuk “Pesona Jangglenggan”.

Dengan adanya program pemetaan persebaran lokasi wisata dalam bentuk spasial bertujuan untuk memberikan suatu gambaran titik lokasi dan kondisi yang dimaksud. Agar pengunjung lebih mudah dan lebih tertarik dalam memahami rute wisata yang ditawarkan. Sekaligus sebagai bentuk branding dan mengenalkan wisata Jangglengan. 

Adapun proses pelaksanaan program ini, diawalin dengan survei lapangan yang dibantuk oleh perangkat BUMDES (DESWITA) dengan mengunjungin wisata-wisata yang ada di Desa Jangglengan untuk pengambilana titik koordinat. Dimana setiap titip wisatanya di ambil koordinat dengan menggunakan menggunakan aplikasi Timestamp Camera Free.  

Tahap selanjutnya adalah menitik lokasi wisata sebelumnya pada Google Earth Pro, yang nantinya di eksport dalam format file .kml. kemudian tahapan import data dari Google Earh Pro ke Software ArcGIS 10.8 untuk di jadikan format file shapefile. Tahapan selanjutnya adalah membuatan desain untuk infografis dengan menggunakan aplikasi Canva yang kemudia diberikan tambahan penjelasan deskripsi singkatnya.
 
Infografis  dari Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 
Tahun 2023/2024

Hasil terakhir dari proses pembuatan infografis dituangkan dalam bentuk standing Banner.  Didalamnya memuat informasi mengenai desa wisata dan persebaran wisata yang ada dijangglengan. 

Proses pernyerahan secara simbolis Infografis yang bertajuk “Pesona Jangglengan” diserahkan oleh Hilda Agustina selaku Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro tahun 2023/2024 kepada pak Suhari selaku Carik Desa Jangglengan pada tanggal 2 Februari 2024 sebelum pelaksanaan sholat jumat, dan bertempat pada Balai Desa Jangglengan oleh mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro kepada Perangkat Desa dengan harapan dapat bermanfaat bagi perkembangan wisata Desa Jangglengan.



Penulis :
Hilda Agustina
Mahasiswi Teknik Geodesi
Universitas Diponegoro

Lokasi KKN:
Kelurahan Jangglengan
Kecamatan Nguter, Kota Semarang

Dosen Pembimbing:
Dr. Dra. Nurhayati, M,Si

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..