Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan ManajemenKeuangan untuk memisahkan Dana Usaha dengan Dana Pribadi dalam UMKM - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan ManajemenKeuangan untuk memisahkan Dana Usaha dengan Dana Pribadi dalam UMKM




Loetju.id - Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 2023/2024 telah melaksanakan program Manajemen Keuangan untuk memisahkan Dana Usaha dengan Dana Pribadi dalam UMKM di sebuah desa yang berada di Kabupaten Pemalang, yaitu Desa Kebanggan, Kecamatan Moga.

Tujuan diadakannya program ini karena pelaku UMKM seringkali mencampurkan dana usaha dengan dana pribadinya, sehingga pendapatan yang di dapat seringkali langsung diambil Kembali sebagai prive dan hanya menyisakan modal usaha saja berupa HPP.

Pelaksanaan program diawali dengan koordinasi bersama perangkat desa serta ketua RW dan RT terkait survei pelaku UMKM. Lalu setelah dilakukannya koordinasi, disusul dengan penyusunan materi berupa power point dan pembuatan pamflet sebagai media untuk diberikan kepada pelaku UMKM.


Program “Manajemen Keuangan untuk memisahkan Dana Usaha dengan Dana Pribadi dalam UMKM” ini diharapkan pelaku UMKM dapat memisahkan Dana Usaha dengan Dana Pribadinya.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..