Mahasiswa KKN UNDIP Membantu pengembangan UMKM Secara Digital - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Membantu pengembangan UMKM Secara Digital

 


Loetju.id Lawu, (05/02/2024) – Perkembangan UMKM di setiap daerah terus meningkat, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Salah satu perkembangan UMKM yang pesat salah satunya di desa Lawu. Perkembangan UMKM di desa lawu ini cukup banyak yang tersebar di dukuh dukuh yang ada. Namun perkembangan UMKM tersebut masih belum terasa maksimal pada dukuh-dukuh lainnya, dikarenakan penyebaran informasi yang masih sedikit mengenai UMKM. 

Oleh karena itu, guan menunjang perkembangan tersebut secara digital maka perlunya akses informasi yang mudah mengenai UMKM yang ada dan dapat dilihat secara digital, maka kami membuat suatu gagasan program yang bernama Perkembangan UMKM desa secara digitalisasi. Hal ini berkaitan dengan pemetaan lokasi UMKM yang ada dan dapat diakses secara keseluruhan melalui suatu kanal informasi online, Luaran dari gagasan ini ialah pamflet yang akan disebarkan di berbagai dukuh mengenai informasi UMKM yang ada di desa lawu.
 
Hal ini diharapkan masyarakat dapat saling memajukan UMKM satu sama lain, sehingga roda perputaran ekonomi desa dapat berjalan secara mandiri.

Selain mudahnya akses informasi, pengembangan UMKM ini difokuskan kepada perizinan usaha perorangan, sehingga nantinya usaha dapat berkembang lebih pesat di berbagai daerah. Mengenai hal ini kami memilih salah satu kader untuk didampingi pembuatan perizinan, salah satunya pembuatan PIRT, pemilihan kader ini bertujuan agar kader yang ada dapat melanjutkan informasi mengenai perizinan ini kepada UMKM lainya. 

Salah satu bagian terpenting dalam perizinan ini adalah pembuatan peta lokasi dan denah lokasi. Melihat dari keterbatasan kemampuan pembuatan denah dan peta, kami mencoba membantu masyarakat untuk membuat peta dan denah semudah mungkin, agar siapapun nantinya dapat membuat hal serupa, sehingga mendapatkan PIRT yang diinginkan untuk pengembangan usahanya



Penulis: 
Egi Budiman Triguna

Jurusan/Fakultas: 
Arsitektur/Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing
- Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
- Asep Muhamad Samsudin, S.T., M.T.
- Dr. Dra. Nurhayati M.Si.

Lokasi: 
Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..