Mahasiswa KKN UNDIP Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendampingan Program Rumah Sehat - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendampingan Program Rumah Sehat

 


Loetju.idLawu, (05/02/2024) - Pemenuhan kebutuhan Hidup bagi setiap individu harus terpenuhi terutama dalam hal lingkungan yang akan berdampak langsung dengan individu itu sendiri. Salah satu lingkungan yang paling dekat dengan masyarakat ialah rumah, dimana segala aktivitas dapat dilakukan serta dimana tempat kita beristirahat, oleh karena itu pentingnya bagaimana menjaga lingkungan rumah kita menjadi suatu lingkungan yang sehat. sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 829/MENKES/SK VII/1999 tentang standarisasi rumah sehat, Permen PUPR No.12 Tahun 2020, dan juga peraturan terkait lainnya. 

Oleh karena itu, untuk mengangkat kembali isu ini maka kami bekerjasama dengan kader posyandu desa lawu, bahu membahu memberi pengetahuan terkait permasalahan ini secara langsung kepada masyarakat, dan peran kami sebagai mahasiswa ialah pendampingan kader mengenai rumah sehat agar informasi yang telah diberikan agar tetap berjalan dan dapat ditindaklanjuti lebih baik kedepanya oleh kader-kader posyandu yang ada. 

Pendampingan terkait program ini sudah berjalan beberapa kali, mengingat harus mempertimbangkan kondisi dari desa lawu itu sendiri. Seperti pemilihan informasi serta sistematika penyampaian informasi lebih lanjut ke masyarakat oleh kader. Salah satu cara penyebaran informasi ini adalah dengan menggencarkan penyuluhan rumah sehat oleh kader di setiap pertemuan. Hal ini sudah terlaksana di dukuh tertentu yang didampingi langsung oleh kami selaku mahasiswa
 
Mengingat keterbatasan waktu kami berada di desa Lawu, kami harapkan pendampingan kader posyandu mengenai program ini akan terus berlanjut, sehingga kesejahteraan yang diinginkan setiap individu dalam rumah dapat berjalan, meskipun kami sudah tidak bisa mendampingi secara langsung lagi.



Penulis: 
Egi Budiman Triguna

Jurusan/Fakultas: 
Arsitektur/Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing
- Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
- Asep Muhamad Samsudin, S.T., M.T.
- Dr. Dra. Nurhayati M.Si.

Lokasi: 
Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..