Mahasiswa Undip Melakukan Pendampingan UMKM dalam Pembuatan Label Pangan dan SPP-IRT - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Februari 2024

Mahasiswa Undip Melakukan Pendampingan UMKM dalam Pembuatan Label Pangan dan SPP-IRT

 



Loetju.id(Lawu 05/02/2024) Mahasiswa Universitas Diponegoro melalui Kuliah Kerja Nyata melakukan pendampingan UMKM di Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Pendampingan ini dilakukan dengan mengunjungi secara langsung rumah produksi UMKM yang ada di Desa Lawu. 

Pendampingan ini dikhususkan kepada UMKM yang memproduksi makanan. Pendampingan dilakukan dari mulai pengenalan pentingnya pemberian label pangan pada kemasan. Dengan adanya label kemasan konsumen dapat mengetahui informasi produk sehingga lebih nyaman dalam membeli suatu produk makanan. 

Pendampingan pembuatan SPP-IRT dilakukan agar UMKM dapat lebih dikenal dan dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Pendampingan ini diawali dengan survey dan pendekatan terhadap UMKM Desa Lawu. Selanjutnya diberikan penjelasan terkait dengan manfaat pembuatan SPP-IRT, kemudian dilakukan pendampingan kelengkapan berkas persyaratan hingga pengumpulan berkas ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. 

Salah satu pemilik UMKM, Ahmad menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih sudah didampingi dalam pembuatan SPP-IRT, tanpa bantuan dari teman- teman KKN Undip saya tidak akan terpikir membuat perizinan untuk produk saya, saya berharap setelah mendapatkan izin, produk saya dapat dipasarkan dengan lebih luas”. 

Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan berkelanjutan untuk UMKM yang ada di Desa Lawu serta dapat memotivasi UMKM lain untuk membuat label pangan dan SPP-IRT bagi produk yang dijualnya. 

 

Penulis: 
Inayatu Shafiyah

Jurusan/Fakultas: 
Ilmu Gizi/Fakultas Kedokteran 

Dosen Pembimbing: 
- Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
- Asep Muhamad Samsudin, S.T., M.T.
- Dr. Dra. Nurhayati M.Si.

Lokasi: 
Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..