Mahasiswa UNDIP Melakukan Praktik Pembuatan Mineral Blok Bersama Peternak Warga Desa Watubonang - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 06 Februari 2024

Mahasiswa UNDIP Melakukan Praktik Pembuatan Mineral Blok Bersama Peternak Warga Desa Watubonang

 



Loetju.idMineral Blok merupakan jenis pakan ternak yang memiliki fungsi utama sebagai suplemen tambahan bagi ternak. Mineral blok memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan mineral ternak. Oleh karena itu, mineral blok terbuat dari bahan-bahan yang memiliki kandungan mineral tinggi. Pemberian mineral blok pada ternak khususnya ternak ruminansia dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang ternak.

Proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mineral blok terbilang mudah. Sehingga para peternak di wilayah Desa Watubonang dapat membuat mineral blok secara mandiri. Bahan yang digunakan berupa garam, ultra mineral, bekatul, ampas kedelai sebagai bahan pelengkap, serta semen putih sebagai bahan perekat dengan perbandingan 3:2:2:2:1 yang dicampur dan ditambahkan cairan molase dan air hingga siap dicetak.

Cetakan yang digunakan dapat menggunakan mangkok rice bowl yang dilapisi dengan plastik untuk memudahkan proses pengeluaran dari cetakannya. Proses pengeringan adonan dapat dilakukan dibawah sinar matahari dengan kurun waktu 7-10 hari. Setelah kering, mineral blok dapat dikeluarkan dari cetakan dan diberikan pada ternak dengan cara digantungkan dengan posisi didepan ternak. Kemudian ternak sapi dapat mengkonsumsinya dengan cara menjilati mineral blok yang telah disediakan. 

Senin, 5 Februari 2024 Vanessa Angelia Sugiarto sebagai salah satu anggota KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Semarang berkegiatan membagikan mineral blok kepada peternak sapi di wilayah Desa Watubonang, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pembagian mineral blok tersebut merupakan salah satu luaran program monodisiplin kegiatan KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Semarang.

Pelaksanaan program ini dilatarbelakangi oleh minimnya wawasan dari para peternak terkait pentingnya pemenuhan kebutuhan mineral bagi ternak sapi. Selain itu, peternak juga masih memiliki pengetahuan yang kurang terhadap suplemen pakan alternatif yang terjangkau dan mudah pengolahannya. Umumnya, peternak di Desa Watubonang hanya memberikan jerami sebagai sumber pangan dan pemenuh kebutuhan gizi ternak. 

Oleh karena itu, perlu adanya tambahan suplemen makanan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi dan mineral ternak. Kekurangan mineral pada ternak dapat menimbulkan gangguan pada fisiologis ternak yang berpengaruh terhadap turunnya kesehatan ternak. Dengan adanya program ini diharapkan peternak local dapat memenuhi kebutuhan mineral ternak dengan harga yang terjangkau.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..