Mengurangi Sampah Organik, KKN TIM 1 UNDIP Melakukan Pembuatan Biopori Dan Mengaplikasikannya Pada Kampung Gedong - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Februari 2024

Mengurangi Sampah Organik, KKN TIM 1 UNDIP Melakukan Pembuatan Biopori Dan Mengaplikasikannya Pada Kampung Gedong

 


Loetju.id - (28/01/2024) TIM 1 KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 telah sukses menyelesaikan Program Kerja Multidisiplin "Biopori" di Kampung Gedong, Sonorejo. Dalam rangka memberikan kontribusi positif kepada masyarakat setempat, Tim 1 KKN UNDIP 2023/2024 memilih untuk fokus pada pembuatan biopori sebagai solusi konservasi tanah dan air serta solusi dalam pemanfaatan sampah organik. Proyek ini bukan hanya sekadar upaya pengabdian, namun juga menjadi bukti nyata keseriusan mahasiswa dalam menghadirkan dampak positif di tengah-tengah masyarakat.

Biopori, sebuah metode inovatif dalam pengelolaan lingkungan, telah diterapkan dengan penuh dedikasi oleh TIM 1 KKN UNDIP SONOREJO. Dengan bekerja sama erat dengan warga Kampung Gedong Sonorejo, mahasiswa-mahasiswa ini berhasil membuat sejumlah biopori yang bertujuan mengoptimalkan penyerapan air hujan dan memperbaiki kualitas tanah di sekitar kampung. Tidak hanya melakukan pembangunan fisik biopori, tetapi juga menyelenggarakan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif warga terhadap program tersebut.



Pentingnya peran biopori dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya banjir dan erosi menjadi sorotan utama dalam proyek ini. Mahasiswa-mahasiswa TIM 1 KKN UNDIP dengan tekun menggali lubang biopori, memastikan implementasi yang tepat, dan memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar.

Melalui kerja keras mereka, biopori telah berhasil diimplementasikan dengan baik, memberikan dampak positif terhadap lingkungan setempat. Langkah ini sejalan dengan semangat pengabdian masyarakat, di mana TIM 1 KKN UNDIP berperan aktif dalam memajukan kualitas lingkungan dan kehidupan warga Kampung Gedong Sonorejo.



Penulis: 
KKN Tim 1 UNDIP 2023/2024 Kelurahan Sonorejo

Dosen Pembimbing Lapangan:
 Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.

Lokasi KKN: 
Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..